Sabtu, 08 Juni 2013

Posted by Unknown |
A WRITE FOR MY BEST PARTNERS


(Kak Iccank, Kak Andang, Kak Hamzah, Kak Adi, Kak Usman, Kak Amin, Kak Ahmad, Titin, Agus, Fatimah, Uni, Uga, Serliani, Dirga, dan Ridwan, serta beberapa teman-teman yang tak sempat kutuliskan disini) 

WHAT WE ALWAYS SHARE
WE ARE…
TIM OLIMPIADE FISIKA UNM (TOFU)

TOFU (TIM OLIMPIADE FISIKA UNM). Singkatannya memang terdengar aneh, ya. Namanya sama dengan Tempe dalam Bahasa Inggris. Tak masalah. Tapi, inilah kami. Sebuah komunitas yang keberadaanya masih berumur 6 bulan, namun memiliki semangat yang terus menyala untuk perjuangan menapaki kesuksesan. Singkat saja, TOFU ini terbentuk pada Bulan Desember 2012 lalu. Hal ini atas inisiatif beberapa kakak-kakak kami, antara lain Kak Iccank dan Kak Kama, untuk segera membuat satu komunitas fisika yang ditujukan sebagai persiapan olimpiade mendatang. Dan dibentuklah sebuah komunitas ini lewat “musyawarah kecil” antara kakak-kakak angkatan 2011, angkatan 2010, dan juga termasuk saya dan teman-teman angkatan 2012 lainnya sebagai freshman kala itu. 


“Hargailah visi dan impian Anda karena mereka adalah anak-anak dari jiwa Anda, dan rancangan dari keberhasilan Anda (Napoleon Hill)”



Kami pun rutin melakukan pertemuan dan bimbingan Fisika tiap minggunya. Aku yang mengambil alih untuk terus mengingatkan teman-teman tiap minggunya untuk tetap bimbingan. Masih teringat, ketika hari pertama Bimbingan ini. Sangat kuapresiasi ke-46 orang yang mencoba untuk bergabung di TOFU. Namun, data  terakhir yang berhasil kurekam tiap minggu, anggotanya minus menjadi …. Bisa dihitung jari, pikirku.

“Amatilah sesuatu dengan hati, bukan hanya dengan mata atau pikiran” (Mark Twain)

Rupanya kalimat Mark Twain diatas memperingatkanku. Untuk tidak melihat sesuatu dengan kuantitasnya saja. Aku juga selalu terngiang dengan salah seorang kakak angkat yang pernah menasehati kami pada sebuah pertemuan TOFU, beliau adalah Kakanda Akhyar, ,” bersemangatlah adik-adik. Terkadang memang, untuk kebaikan hanya sedikit yang berperan didalamnya. Seperti inilah keadaanya. Jadi, jaga semangatnya, jalani bimbingan-bimbingan kalian. Allah SWT. Selalu punya rencana luar biasa dibalik usaha kalian semua.

Mengapa aku menulis catatan ini? Yup, tulisan ini terinspirasi ketika kuikuti bimbingan rutin yakni, pada  Kamis 6 Juni 2013.

Adalah bimbingan kami yang tak sama dari bimibingan sebelumnya. Kami kedatangan beberapa anggota baru. Dirga dan Ridwan. Welcome, kataku tersirat meski tak tersampaikan secara langsung kepada mereka. Bimbingan rutin ini, kami isi dengan mengerjakan soal-soal Fisika tentunya. Sekitaran hampir 2 jam setelahnya, lapar, lelah, menghampiri jiwa-jiwa yang penuh semangat berfisika kala itu. Akhirnya, kami berinisiatif untuk “makan bareng”. Ini sederhana untuk orang lain mungkin. Tapi, disinilah letak semangat solidaritas kami. 

Entah, dari kesekian bimbingan, aku merasa untuk bimbingan hari ini terasa beda dari sebelumnya. Alasannya, mungkin karena aku rindu dengan suasana bimbingan dimana, ketika sebuah ruangan dipenuhi oleh orang-orang yang memiliki visi sama, untuk belajar bersama, berbagi, dan bertukar pikiran. Mungkin saja, yang kuharapkan itu akan tiba waktunya. Seperti yang pernah kutuliskan pada sebuah bukutargetku. Yakni ditahun 2013, TOFU menjadi sebuah komunitas yang diminati oleh warga Fisika.
Begitulah mimpi sederhanaku untuk TOFU. Aku tak berharap banyak.
Aku bangga, punya sahabat di komunitas ini. Aku merasa ada. Aku merasa tak terjebak disini.
Kemarin, adalah sebuah kabar gembira. Salah satu pembimbing kami Kak Iccank, lolos untuk mewakili Sulsel dalam ajang ON-MIPA ke tingkat Nasional. Memang ini adalah kedua kalinya beliau, namun, kami merasa senang. kami berharap suatu saat nanti, kami bisa mendapatkan emas kesuksesan, untuk almamater kita, Universitas Negeri Makassar.
Aku berterimakasih, Aku bangga, Aku mengapresiasi setiap bulir-bulir semangat yang terpaut dihati. In TOFU, we share our mind.

Tetap semangat kawan-kawan. Perjuanganku, perjuanganmu, adalah perjuangan kita.
“Cara terbaik untuk meramal masa depan adalah dengan menciptakannya” (Peter F. Drucker)


0 Comment:

Posting Komentar