Senin, 25 November 2013

Posted by Unknown | File under : , ,

Alhamdulillah. Untuk sebuah perjalanan penuh makna. Ucapan terimakasih untuk Pencipta, Azza Wa Jalla, pencipa langit bumi serta seisi-Nya yang mengandung banyak manfaat bagi kehidupan makhluk-Nya. Maha Pemberi Kesempatan yang Indah. Ucapan terimakasih kepada dosen kebanggaan saya, tentunya Bapak Subaer, Ph.D yang juga memberikan kesempatan untuk bisa berbaur dengan mineral-mineral yang terdapat melimpah ruah di alam ini. 

Maka ambillah (kejadian itu) untuk menjadi pelajaran, hai orang-orang yang mempunyai wawasan. (QS Al-Hasyr [59]: 2). Allah SWT. tidak pernah sia-sia dalam menciptakan segala sesuatu.

Rombongan peserta Eksplorasi dan Identifikasi Mineral bersama Mahasiswa Fisika Sains 2011

Baiklah, catatan ini saya tuliskan sehabis melakukan “perjalanan ilmiah” bersama rombongan Mahasiswa Fisika Sains 2011 dalam kegiatan Eksplorasi dan Identifikasi Mineral 2013 di Kecamatan Bontocani, Desa Pammusureng, Kelurahan Kahu, Kab. Bone, Sulsel. Perjalanan ini saya sebut berkah yang luar biasa karena ada banyak pelajaran yang didapatkan. Yup, Desa Pammusureng yang menjadi tujuan kegiatan eksplorasi ini mengingat di daerah ini memiliki mineral yang berlimpah dan perlu untuk diidentifikasi sehingga diharapkan memberikan ide-ide penelitian yang inovatif. Meski bergelut didunia pendidikan Fisika, namun perjalanan menyusuri daerah mineral ini, menjadi perjalanan yang menarik utamanya untuk memberikan kesadaran bagi kita semua bahwa ada hal-hal yang perlu kita kembangkan sebagai mahasiswa Fisika, khususnya Mineral.
Gundukan Mineral yang terdapat di Pammusureng

Pertanyaannya adalah mengapa kita harus mempelajari, mengeksplorasi, dan mengidentifikasi mineral yang terdapat di alam, khususnya Indonesia? Perlu diketahui bersama bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan sumber daya mineralnya, dan juga merupakan Negara dengan cadangan sumber daya mineral terbanyak ke-4, setelah Chili, Rusia, dan Kongo (http://lomboknews.com/2010/11/13/potensi-mineral-indonesi-di-urutan-ke-7-dunia/). Kita memiliki sumber daya mineral yang cukup banyak, kan? Hanya saja, mineral dan beberapa manfaatnya tidak memiliki jumlah proporsional sumber daya manusia untuk pemahaman identifikasi mineral yang terdapat di Negara kita. Buktinya, berdasarkan hasil observasi awal di kawasan tambang tersebut, kandungan mineral yang masyarakat sekitar ketahui hanya ada bijih besi yang diambil oleh pihak tertentu bersama ikutannya. Sekadar memberikan informasi, berdasarkan hasil eksplorasi di desa tersebut, tercatat ada beberapa unsur mineral yang terkandung dalam daerah tersebut antara lain bijih besi (Fe), Mangan (Mn), Sulfur (S), Silika (Si), Quarts, Topaz, Molibdenum, dan ada beberapa hasil mineral yang belum teridentifikasi. Sejak tahun 2009, daerah tambang tersebut dikelola oleh PT. Sindo Mandiri bekerja sama dengan Pemerintah China dalam pengelolaan mineral yang terdapat didalamnya. Loh, kok Negara lain saja gencar mendapatkan daerah yang kaya akan mineral ini, kemana saja Indonesia? Mengapa Sumber Daya Manusia (SDM) kita tidak dikerahkan untuk mengolah di lahan tersebut?

Jujur saja, perjalanan eksplorasi ini memberikan saya kepada penyadaran betapa nikmatnya penciptaan Allah SWT yang diberikan. Sudahkah penginderaan yang saya miliki juga dikerahkan untuk sekadar menyadari penciptaan-Nya yang amat penuh makna ini? Lain kali jika sewaktu Anda mengunjungi pantai, pegunungan, atau di daerah pertambangan, usahakan untuk menggunakan semua panca indera yang dimiliiki untuk bergelut dengan mineral. Find mineral surrounding of you! 

Mineral are everywhere. Pertambangan yang dilakukan berasal dari tanah dan berpotensi merusak planet ini. Jadi, penggunaan  mineral harus dilaksanakan sebijaksana mungkin. Dengan begitu, mineral juga mampu memperbaiki kehidupan kita jauh ke masa depan. Hanya dengan mengelola dan memanfaatkannya sebaik mungkin.  Coba bayangkan, jika kita mampu menyingkirkan Negara Asing yang mengelola mineral dengan tangan-tangan pemuda Indonesia sendiri. Dengan begitu, Jika kita  betul ingin komitmen, Indonesia akan memiliki rating tertinggi, untuk penyediaan sumber mineral dan kebijakannya. 

Indonesia kaya akan mineral. Jelas! Maka dari itu, diperlukan pemuda pekerja keras, pemuda yang gesit menggali informasi sebanyak-banyaknya, pemuda yang giat untuk mengembangkan SDA yang kita miliki tersebut. Bukan saatnya membiarkan SDA kita digeluti oleh berbagai negara asing yang hanya memberikan keuntungan sepihak bagi negaranya tersebut.. ini tugas bagi sejuta atom pemuda yang terdapat di Indonesia yang berpotensi untuk membangun negaranya. Minerals for Indonesia’s Bright Future. We can do it!!
Good bye, Pammusureng! See you, next time. :)
 kelak! Diantara kami atau bahkan semuanya akan menjadi pengembang mineral, pengembang potensi daerah. Yang bisa menghandle tanah/ lahan sendiri, demi kesejahteraan rakyat. Insya Allah, kami-kami ini yang akan menjadi Putra-Putri Bangsa yang giat untuk mengembangkan mineral Indonesia bukan negara asing! Kelak! Indonesia akan menjadi negara dengan sumber mineral dan pengelolaan kebijakan yang baik. Aaminn..

Sekian catatan reflektif saya! Semoga terinspirasi, pemudaa! Salam semangat mutlak.

2 komentar: