Jumat, 29 Maret 2013

Posted by Unknown | File under : , , ,
Tentang Mimpi yang Pernah Kutuliskan dan Kutunggu Wujudnya menjadi Nyata

Logo IYF 2013
Bismillah. Semoga kita semua masih dalam lindungan Maha Pencipta. Berulangkali kuucapkan kalimat Hamdalah, ungkapan rasa syukurku kepada Ilahi, atas nikmat-Nya yang sungguh tiada tara. Kurang lebih sekitaran beratu-ratus sekon yang lalu, saat itu, aktivitasku seharian kututup dengan browsing, yang merupakan kebiasaanku sebelum tidur. Seperti dengan remaja lainnya, yang gencar dan matanya akan selalu melek dengan facebook, twiter, blog, dsb.. begitupula juga dengan diriku, yang sudah tergantung dengan jejaring sosial tersebut. Aku suka menulis apa saja yang ada di isi pikiranku. Entah itu tentang orang lain ataupun diriku. Tepatnya, malam itu, ada notification yang memasuki lapak facebookku. Ini bisa kukatakan juga sebagai takdir. Daeng blogger begitulah nama komunitas para pencinta blogger yang ada di Universitas Negeri Makassar (UNM). Disitulah, dan untuk pertama kalinya kuberkenalan dengan si IYF!  


Berkenalan dengan IYF ternyata membuatku menjadi tertarik dengannya. IYF 2013, kubaca satu persatu syarat-syarat untuk bisa menjadi pesertanya. Hmm, mungkin banyak diantara mahasiswa yang bisa dibilang masih baru saja merasakan dunia kampus dan seisinya, terkesan cuek dengan event kepemudaan. Lain halnya denganku. Justru, kegiatan macam seperti itulah yang mestinya menjadi kebutuhan manusia dewasa ini, khususnya kepada mahasiswa. Makanya, atas nama perubahan negeri Indonesia, kuiisi form aplikasi untuk pendaftaran kegiatan IYF 2013. Dari 1013 aplikasi, akan dipilih 250.

Selang 1-2 minggu kemudian, setelah check e-mail, Alhamdulillah, NURUL KUSUMA WARDANI tercatat sebagai salah satu yang lulus mengikuti seleksi tahap 1 (seleksi berkas). Hm, menduduki urutan ke 209, tak menjadi masalah bagiku, untuk terus melangkah di tahap 2 yaitu interview. Menjalani serangkaian tes, untuk menjadi bagian dari kegiatan IYF telah sukses kujalani. Inipun kubuktikan dengan lulusnya diriku pada tahap wawancara.

Apa yang membedakanmu dengan yang lainnya, sehingga kami bisa menerimamu sebagai peserta IYF 2013?
Semangat, dorongan intuitif, dan kepedulian akan masalah negeri, serta tanggung jawab. Insya Allah :D
(begitu kutipan wawancara bersama dengan kak Bani)

Awalnya, sempat down, sempat minder, akan dihadapkan dengan berbagai pemuda dan sosok luar biasa dari Sabang sampai Merauke. Tapi, Allah Subhanahu Wata’alaa telah memberiku nikmat dan anugerah berupa hal seperti ini. Alhamdulillah..

Lulusnya seorang Nurul Kusuma Wardani, tidak terlepas dari keinginan yang dimilikinya untuk tak sekadar menjadi pemuda Indonesia yang hanya tinggal diam menatapi problematika negaranya. Masalah pendidikan, menjadi masalah yang menurutku mesti diselesaikan hingga ke akar-akarnya. Inilah yang menjadi bekalku untuk menggagas dan menjalankan social project yang akan kujalani nantinya, Insya Allah.

Hanya sekadar menambahkan,dan semoga memotivasi teman-teman, entah ini sebuah takdir, kebetulan, atau memang hanya sekadar impian, bahkan apalah namanya. Tepat tanggal 27 Januari 2013 pukul 4.00 WITA, saat itu kutuliskan impianku, salah satunya di dreamlist yang senantiasa menemaniku, yakni... di mimpi ke 49. Tulisannya kurang lebih seperti ini...

49. Ditahun 2013, menjadi peserta kegiatan kepemudaan berskala Nasional

Allah Subhanahu Wata’alaa memang betul-betul memberiku jalan dan memberiku apa saja yang memang menjadi kebutuhanku.

Lulusnya diriku di event IYF 2013, menjadi pembuka kegiatanku diawal menjadi seorang mahasiswa. Mahasiswa yang dulu kukenal adalah mereka yang identik dengan demo, anarkis, tawuran, dan lain-lain, tapi itu adalah hal lama. Pikiran konvensionalku itu, telah mampu kuubah dalam benakku. Mahasiswa adalah pemuda yang mampu menawarkan solusi, memberikan perubahan, agent of change. 
Pengumuman Seleksi Tahap 1


Pengumuman Seleksi Interview



Official Delegates

(Ketika pemuda dituntut tampil beda, keluar dari zona nyaman dan terjun bebas dari pola pikir yang umum, setidaknya ada tiga hal yang harus jadi pattern of mind-nya anak muda, that is Stand up, Speak up, and Take Action!!)

Thanks Allah, Rabbiku, My Lovely Parents, Sahabat dan Kerabat, Daeng Blogger, Harvard School, Impuls and Physics Department, Sekolah KAMI, and many others..

Amanah ini, Insya Allah kujalankan sebaik-baiknya.

BANDUNG, I’m coming.  

3 komentar:

  1. amin Ya Rabb.. Subhanalloh kk.

    BalasHapus
  2. sukses,, semoga memberikan yang terbaik bagi negara kita tercinta INDONESIA :)

    BalasHapus